Model Sistem Komputer dari Segi Hardware dengan Komponen Utama I/O

Sistem Komputer pada awal nya memilki dua model, yaitu dari model mesin (Hardware) dan dari model operating System (arsitektur) dimana dari kedua model tersebut memiliki beberapa komponen utama yang berkaitan untuk dapat menjalankan suatu system komputer.
Pada tulisan ini akan menekankan pada salah satu komponen utama dari model mesin yaitu pada input-output (I/O).
Input-output (I/O) merupakan salah satu komponen utama system computer dalam model mesin, dimana ada beberapa komponen utama lainnya seperti Storage dan CPU.
Perangkat Input
Perangkat ini berungsi sebagai suatu perantara menghubungkan user (pengguna) dengan computer untuk memasukkan data ke dalam komputer dan diolah guna menghasilkan suatu informasi yang diperlukan. Berdasarkan sifatnya perangkat input ini digolongkan menjadi dua bagian :

• Peratalan input langsung, yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses. Contohnya : keyboard, mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet, scanner.

• Peralatan input tidak langsung, input yang melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses. Contohnya : punched card, disket, harddisk.

Perangkat Output
Perangkat ini berfungsi menghasilkan suatu keluaran informasi yang telah di olah dalam berbagai macam bentuk keluaran sesuai yang dibutuhkan.
Pada sekarang ini output yang dihasilkan dari pengolahan suatu data sangat bervariasi dari berupa tulisan, gambar, suara maupun bentuk yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan awal adalah output yang sering digunakan yaotu output yang langsung oleh manusia Unit keluaran antara lain terdiri atas: monitor, printer, plotter, dan speaker.

Port I / O
Di dalam pengiriman data oleh input dan diolah menjadi informasi terdapat suatu Port I / O, yaitu port atau gerbang atau tempat dipasangnya konektor dan peralatan input – output .Setiap peralatan I/O dibawah control prosessor.Terdapat beberapa jenis I /O port didalam computer yaitu:

a.Port parallel ( LPT1 atau LPT2 )
Port yang bekerja dengan transmisi data secara parallel contoh peralatan yang menggunakan port ini adalah printer dan scanner.

b.Port serial ( com1, com2 )
Port bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial contoh peralatan yang menggunakan port ini adalah mouse dan mosem.

c.Port AT / PS2
Port ini umumnya digunakan untuk memasukan keyboard atau mouse
d.Port USB

d.Port USB ( Universal serial bus ) merupakan port serial universal bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial.Contoh peralatan yang menggunakan port USB adalah camera digital, handycam, dan gamepad.

e.Port VGA merupakan port yang berhubungan langsung dengan monitor ,Port VGA didapatkan dari pemasangan VGA card atau port VGA yang sudah on-board didalam motherboard.

f.Port audio merupakan port yang berhubungan langsung dengan peralatan audio, misalnya tape, radio, speaker, dan mikrofon.

g.Port games merupakan port yang digunakan para gamers untuk menyambung gamepad atau joystick.

Perihal Hendri Dwi Putra
metal islamic

14 Responses to Model Sistem Komputer dari Segi Hardware dengan Komponen Utama I/O

  1. zulfikarakbar mengatakan:

    misalkan salah satu port I/O nya rusak
    itu bisa diganti nggak?
    atau harus ganti motherboard juga?

  2. Denny Abdul Basit mengatakan:

    Jadi setiap peralatan I/O dibawah control prosessor, maksudnya itu gimana ya?

    • hendri elef aresius mengatakan:

      Ok vialli thanks source nya,

      Setiap peralatan I/O ada di bawah control prosessor, ini menyatakan fungsi dari prosessor yaitu merupakan otak dan pusat pengendali komputer yang didukung oleh komponen lainnya, yaitu peralatan I/O tersebut..

      kerusakan pada port kita contohkan, misal LPT port (printer port/parallel port). Printer tidak akan bekerja jika port ini rusak atau serial Port (COM1, COM2). Port ini biasanya digunakan oleh mouse, keyboard, modem eksternal. Jika rusak maka port ini tidak akan bekerja. mungkin solusi nya kita bisa mengganti IC I/O-nya. Namun sebaiknya cara ini dilakukan oleh tenaga ahli. Cara lain untuk mengatasi hal ini dengan menambahkan card super I/O. Kita tinggal menancapkannya pada slot ekspansi dan kemudian setting BIOS-nya. Fungsi I/O pada motherboard harus di-disable. Artinya, I/O akan otomatis berpindah dari internal motherboard ke super card I/O yang telah kita pasang.

  3. SURYADI mengatakan:

    oy hen,,,kalau seandainya port VGA nya rusak ataupun dicabut, layar monitornya masih bisa menampilkan gambar g?….terima kasih…

  4. hendri elef aresius mengatakan:

    biasanya CPU menyala akan tetapi monitor tidak mau menyala,dan menampilkan pesan No signal,padahal kabel sudah terkoneksi ke port VGA,itu menandakan Kabel yang menghubungkan ke port VGA rusak atau agak terputus

  5. hadi1990 mengatakan:

    aplikasi dalam kehidupan sehari-hari contohnya apa….???
    blez commentnya di blog gw [http://hadi1990.wordpress.com/2011/02/09/cpu-dalam-system/]

  6. rizqialextoramadhan mengatakan:

    kan pd pengaturan d bios portr paralel(LPT1) misalnya alamatnya di IRQ 7 pakah LPT2 bs menggunakan alamat IRQ yg sama?
    mapir y gan k blog ane,..hehe
    http://rizqialextoramadhan.wordpress.com/2011/02/07/storage-manager-pada-perangkat-lunak-sistem-operasi-operating-system-software/

  7. hendri elef aresius mengatakan:

    Aplikasi dalam kehidupan sehari dengan adanya piranti I/O ini semua mengenai hal mengolah suatu data yang dimasukan melalui inputan, dan di proses menjadi sebuah keluaran berupa informasi melalui output, salah satu contoh kita mengerjakan tugas berupa data dimasukkan melalui keyboard sebagai input dan meyelesaikan proses dengan mengeluarkan informasi melalui outputan misal printer.

    IRQ 7 Interrupt Request pada bit 7 jika sudah ada pengatiran port paralel (LPT1) maka untuk LPT2 tidak bisa digunakan IRQ yang sama, karena selain sudah terpakai kedua terminal ini berbeda alamat komunikasi port lebih lanjut dapat dilihat

    * LPT1: I / O port 0×378, IRQ 7 (biasanya dalam monochrome graphics adapter)
    * LLPT2: I / O port 0×278, IRQ 5 (biasanya di port serial controller, atau mandiri IBM Printer adaptor)

    LPT2 jadi pada IRQ 5

  8. irsan harjakusumah mengatakan:

    nice topic..
    Saya mw menanyakan, apakah ada hubungan antara driver dgn input/ output pada suatu sistem komputer?klo ada, Tlng d jelaskan. Thx

  9. aditya Nugroho mengatakan:

    hendrii,, tanya ne..
    d atas dsbutkan ada port pararel & port serial..
    itu dalam transfer data lebih cepat mna,jelaskan??

  10. hendri elef aresius mengatakan:

    untuk Irsan kalau driver menurut saya berhubungan dengan sistem operasi berfungsi menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) atau seperti kode (driver) yang membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.

    untuk Adit tipe port atau jlaur koneksi memiliki kecepatan yang berbeda-beda tergantung dengan tipe port dan perangkat yang terhubung di dalamnya.
    – untuk port paralel terdiri dari 26 pin yang mengirim data 8 bit data/1 byte dengan kecepatan 50-100 KB
    – untuk port serial terdiri dari 10 pin mengirim data 8 bit dengan kecepatan dari standar 115 KB sampai yang tercepat 460 KB.

    jadi diiat dari poin di atas port serial lebih cepat, tetapi perbedaan kecepatan ini tergantung atau sudah di atur dari tipe jenis port dan perangkat yang digunakan..

  11. maulana jayadi mengatakan:

    saya pernah baca dari media lain, yang ingin saya tanya, apa yang membedakan antara USB 2.0 dengan USB 3.0 ya ? dari segi hardware dan softwarenya gimana?

  12. Hendri Dwi Putra mengatakan:

    yang pasti USB 3.0 10x lebih cepat dari USB 2.0..dari segi hardware USB 3.0 Menggunakan mainboard baru dengan NEC-controller, seperti Asus P7P55D-E Pro dan Gigabyte (Seri P55A & 790XTA). Namun biasanya mainboard baru juga membutuhkan komponen hardware – CPU atau RAM – yang juga baru (100 Euro ke atas)…untuk dari segi software nya saya kurang tahu untuk USB 3.0..mungkin teman-teman bisa membantu mencari jawabany ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: